Beli Cincin Tunangan Berlian Murah? Ini Caranya!

Januari 27, 2016

Cincin tunangan tuh mungkin jadi dilema sendiri buat cewe-cewe. Iya nggak, sih? Siapa juga sih yang nggak mau dilamar dengan cincin berlian segede gaban ala cincinnya Elizabeth Taylor gitu? Aduh... terlalu 'silau' buat dibayangkan.

Ada juga sih cewek-cewek yang nggak terlalu suka yang flashy-flashy. Pikirin aja buat investasi, Cyin. Kalo dikasih sama pasangan pasti sayang kan buat ditolak? :p

Naaah... masalahnya... cincin emas -apalagi dengan berlian- itu nggak murah. Apalagi kalau budget kamu terbatas. Yep... pasti ada yang mikir daripada beli cincin tunangan belasan atau puluhan juta mending uangnya dipake buat sewa atau dp gedung nikahan, atau buat nambahin DP rumah.

Nggak usah ngerengek-rengek sampai ngambek segala ke pacar. Coba pilih mana: dapet cincin apa dapet rumah? Hayooo....

Jadi, buat kamu dan pasangan yang kepentok budget tapi pengen cincin dengan berlian yang besar, jangan sedih. Ada kok caranya biar dapet cincin tunangan mewah tapi harganya terjangkau di bawah 10 juta, bahkan bisa cuma seharga 5 jutaan aja. Ini dia triknya:

#1 Turunin Kualitas Berlian
Pepatah "price never lies" tuh emang nggak bohong. Semakin bagus kualitas berliannya, tentu aja semakin mahal harganya. Ada empat faktor penentu kualitas berlian, yaitu cut (potongan), clarity (kejernihan), color (warna) dan carat (berat). Kalau ukuran berlian adalah prioritas utama kamu, kamu harus pintar memilah dan memilih berlian.

Misalnya dalam pemilihan tingkat clarity. Apa sih clarity? Clarity adalah banyaknya dan besarnya cacat di dalam (inklusi) maupun di luar berlian. Tapi cacat ini kebanyakan hanya bisa dilihat dengan kaca pembesar.

Tingkat clarity tertinggi berlian adalah FL atau flawless. Kebanyakan toko emas biasanya menjual berlian dengan tingkat kejernihan VVS (Very Very Slightly Included). Nah, kamu bisa memilih tingkat dibawahnya sepeti SI (Slightly Included). Jumlah inklusi pada berlian memang lebih banyak, tapi tidak akan terlihat oleh mata telanjang.

Atau, dalam pemilihan color atau warna berlian. Semakin bening berlian, harganya tentu aja semakin mahal. Kalau berlian tersebut berwarna kekuningan, maka nilainya akan semakin rendah. Tingkat tertinggi color berlian adalah D - E - F. Kamu bisa memilih warna satu tingkat dibawahnya yaitu G-H-I-J. Jangan khawatir karena perbedaan warnanya tidak terlalu jauh.

#2 Pilih Setting Cincin yang Tepat
Kalau kamu maunya cincin berlian yang terlihat besar tapi dengan kilau yang maksimal, maka kamu bisa bermain di pilihan setting atau rangka cincin.

Pilihan klasik cincin tunangan memang selalu jatuh pada cincin solitaire. Iya, cincin dengan satu mata berlian ini emang terkesan elegan dan anggun banget. Tapi kalo kamu mau cincin dengan berlian berkualitas ciamik dan terlihat besar, tentu aja kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk cincin solitaire. Kenapa? Karena semakin besar berat karat berlian, semakin mahal juga harganya.

But worry less, karena ada kok model cincin yang bisa membuat berlian terlihat lebih besar, seperti model cluster. Tipe setting cluster ini menggabungkan beberapa berlian berkarat kecil menjadi satu, sehingga menampilkan ilusi sebuah berlian yang lebih besar.

Dan tahukah kamu, membeli 5 buah berlian dengan total carat 0.5 itu lebih murah dibanding membeli 1 berlian seberat 0.5 karat.

Contohnya adalah cincin wanita dengan setting cluster di www.orori.com ini.

7 buah berlian dengan karat antara 0.03 dan 0.07 digabungkan menjadi satu sehingga memiliki berat total sekitar 0.40 karat. Harganya? Cuma lima juta-an. Bandingkan dengan membeli cincin solitaire dengan satu berlian 0.40 karat, pastinya jauh lebih mahal.

So, nggak perlu drama ngambek-ngambekkan lagi sama pacar, kan? :D

You Might Also Like

0 komentar