Jangan Lupakan Cutimu!

Agustus 24, 2016

Menurut gue, karyawan di wilayah Jakarta itu rentan banget terkena stress hingga psikosomatis. Apa, tuh? Psikosomatis adalah gangguan pada fisik yang disebabkan karena stress berlebih, contohnya maag, sakit kepala, gangguan tidur, dan sebagainya. Intinya, sistem imun pada tubuh akan melemah akibat stress berlebih ini.

Kenapa karyawan di Jakarta rentan stress berlebih? Karena tekanannya nggak cuma didapat dari pekerjaan kantor, tetapi juga dari carut marutnya jalanan Jakarta. Sadar atau nggak, jalanan Jakarta tuh sangat mempengaruhi kondisi psikis kita, lho.

Jakarta memang sedang dibangun. Tapi, pembangunan itu nggak secepet ngebalikin telapak tangan. Ingat, di zaman kita nggak ada Bandung Bondowoso yang bisa bikin 999 candi dalam semalam. Menurut gue, semakin semrawutnya Jakarta kurang lebih adalah efek dari pembangunan itu sendiri. Ya kita mau nggak mau harus bersabar hati. Harus mau nunggu beberapa tahun lagi, hingga Jakarta benar-benar sembuh.

Terus gimana caranya biar tetep waras di tengah keruwetan ini?

Ambil cuti dan pergi liburan.

Kita harus peka sama diri sendiri. Jangan cuma peka sama perasaan gebetan, Sis. Istirahat kalau tubuhmu sudah lelah. Liburan kalau pikiran dan hatimu sudah mumet.

Gimana mau produktif kalau pikiran aja sudah penuh sama hal-hal negatif? Gimana mau maksimal ngerjain task di kantor kalo otak saja sudah mumet? Gimana mau semangat kalo mental saja sudah menipis kayak tempe mendoan?

Mungkin itulah kenapa karyawan diberikan hak cuti. Karena karyawan itu manusia, bukan robot.

When they're tired, give 'em some time to rest. When they're lacking in ideas, let 'em go holiday. I think that's how company should treat their employees.

Sebagai karyawan, ada masanya di mana kita merasa weekend aja nggak cukup. Ada masanya kita butuh cuti dan keluar sejenak dari rutinitas.

Karyawan yang mempergunakan cutinya secara nggak langsung juga memberikan kontribusi buat perusahaan, kok. Kenapa? Karena karyawan yang baru pulang liburan biasanya akan lebih fresh dan bersemangat saat kerja. Mood mereka akan lebih baik dan ide mereka akan lebih mengalir. Percaya deh.

Jadi guys, kalau saat ini elo udah merasa sering sakit-sakitan akibat stress, bahkan sampe ngeresein orang lain, jangan tunggu lama lagi. Segeralah urus cuti dan pergi liburan.

Because you deserve to be happy.




You Might Also Like

0 komentar