Balada Penulis Yang Lagi Buntu Nulis

Agustus 11, 2016

Sebagai penulis, gue kadang suka ngerasa mentok. Boro-boro nulis satu artikel, nulis satu kalimat aja rasanya kok susah banget. Makanya gue heran sama yang bilang nulis itu gampang. Menurut gue, semua pekerjaan nggak ada yang mudah.




Coba sebut satu pekerjaan yang elo anggap mudah. Terus resapi lagi. Mudah, nggak? Nggak, kan? *curcol*

Setiap pekerjaan pasti punya kesulitan masing-masing, termasuk menulis. Kalau ide lagi mengalir deras, nulis satu artikel sih bisa 20 - 30 menit. Tapi kalau lagi buntu, nulis wording satu paragraf aja baru bisa selesai berjam-jam atau berhari-hari kemudian. Itu pun belum tentu hasilnya maksimal. Terus kalau lagi buntu gimana, dong?

Tiap penulis pastinya punya cara yang berbeda buat mengatasi writer's block ini. Kalau gue, biasanya akan melakukan berbagai cara ini saat lagi buntu ide buat nulis:

1. Ganti Suasana Kerja
Kerja sembilan jam selama lima hari berturut-turut di meja yang sama, kursi yang sama, tempat yang sama, dan pemandangan yang sama itu bikin jenuh. Apalagi kalau nggak ada yang 'seger-seger' di depan kamu (ngerti, kan, maksudnya? Nggak? Yaudah gapapa).

Makanya, kalau udah susah nulis, gue buru-buru deh cari tempat ngetik lain. Selain meja gue yang berantakan, tempat favorit lain buat nulis di kantor adalah pantry, sofa empuk di lobby depan sambil gangguin sales kantor gue yang cantik-cantik, dan tangga darurat. Kalau tiga tempat itu lagi ramai, gue juga suka numpang ngetik di sisi jendela kantor atau ruang meeting. Cuma toilet aja sih yang belum pernah gue cobain di kantor.

2. Dengerin Lagu Sesuai Mood
Saat mau nulis atau kerjain apapun, biasanya gue nge-set mood lewat bantuan musik. Contohnya, kalau lagi bikin artikel yang mellow-mellow tentang pernikahan, gue akan dengerin lagu bertema wedding (untungnya sejauh ini belum baper). Atau, kalau lagi riweuh gara-gara kerjaan menumpuk sampai nggak tahu mau ngerjain yang mana dulu, gue dengerin musik yang adem-adem biar hati ikutan kalem.

3. Pasang Headset, Matiin Lagu
Ada saatnya di mana musik nggak bisa membantu dalam menulis. Ada saatnya di mana elo pengen keadaan yang beneran sunyi senyap. Makanya, ada saatnya di mana gue matiin musik tapi tetep pasang headset. Selain bikin suara sekitar sedikit keredam, memakai headset tuh secara nggak langsung ngasih message gini buat orang-orang di sekitar, "I'm wearing headset because I don't want to talk with anybody".

Kalo udah pasang headset tapi masih ada yang ngajak ngobrol? Sometimes, I simply ignore them. Ih valine ja'at! Emang. Aku kan bukan ibu peri. Pfft.

4. Nulis yang Lain
Kalau udah berusaha nulis tapi masih mentok, biasanya gue ngerjain tulisan lain. Kayak nulis blog ini misalnya. Yep yep, postingan ini ditulis di sela-sela jam kantor saat gue nggak ada ide buat ngerjain tulisan kantor. Gapapa dong ya, Pak Boss? Yang penting kerjaan kelar, kan, abis ini? Hehehe.

5. Berhenti Nulis
Bukan, maksudnya bukan tulis surat resign terus pensiun dini jadi penulis. Kalau berbagai cara sudah dilakukan tetapi masih aja buntu menulis berarti elo emang bener-bener lagi jenuh. Nggak usah dipaksa. Daripada kesel sendiri karena nggak juga dapet ide, tutup aja dulu microsoft word-nya, buka youtube, terus nonton.

Gimana pun juga kita semua butuh waktu 'istirahat', kan? Kalau deadline-nya sebentar lagi, biasanya gue bikin rileks badan dan nge-refresh otak terlebih dahulu dengan stretching, ngemil yang manis-manis, jalan-jalan sebentar, atau bercanda bareng temen kantor. Pokoknya berhenti dulu, istirahat, baru mulai lagi.

Yang terakhir nih, guys... jangan lupa berdoa sebelum lanjut menulis lagi biar dipermudah. Ih valine tumben alim! Iya. Aku kan mau jadi kayak ibu peri. Peace.



You Might Also Like

0 komentar