Susah Mengatur Keuangan? Ini Cara Mudah Versi Gue

Juni 30, 2015

Mengatur keuangan itu sebenarnya cuma satu rahasianya: disiplin.

Di awal-awal kerja gue 'hobi' banget jajan, beli ini-itu dan nggak mikirin nabung. Hasilnya? Tentu aja besar pasak dari pada tiang. Awalnya santai. Lama-lama ngerasa miris sendiri karena teman-teman sudah bisa beli barang impian atau pergi ke luar kota bahkan ke luar negeri, sementara gue cuma bisa diem di kamar ngeratapin gaji yang menguap gitu aja.

Gue pun mulai googling, mencari cara mudah tapi jitu buat mengatur keuangan. Ada banyaaaak banget cara mengatur keuangan yang gue temukan. Dan nggak ada satu pun cara yang mudah karena semuanya butuh disiplin yang tinggi. Disiplin itu susah. Susah banget.

Dari berbagai cara yang gue temukan, tiga cara inilah yang gue ambil dan berusaha gue lakukan saat ini:

1. Rumus 4-3-2-1
Rumus lengkapnya adalah:
40% dari gaji dialokasikan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, biaya transport, biaya listrik dan sebagainya. Pokoknya biaya yang pasti dikeluarkan dan nggak mungkin diutak-atik dalam sebulan.
30% dari gaji dimasukkan ke tabungan. Ini yang sulit. Gue pun kadang suka ngutak-atik jatah 'nabung' ini. Hehehe...
20% dibuat hura-hura, seperti nongkrong-ngongkrong lucu di cafe atau karaokean bareng temen-temen.
10% untuk amal. Karena ada hak orang lain dalam gaji kita. :)

2. Arisan
Percaya atau nggak, arisan itu berguna banget buat orang yang suka males-malesan nabung kayak gue. Gue biasanya paling suka ngambil arisan pas urutan terakhir. Maksudnya sekalian nabung.

3. Investasi
Belum kepikiran untuk investasi? Nah, pas banget. Yuk mulai dipikirkan dari sekarang karena investasi itu berguna untuk kelangsungan hidup kita di masa depan. Investasi sendiri ada banyak bentuknya, mulai dari emas, tanah, saham, deposito, dan lain-lain.

Gue pribadi lebih suka investasi emas batang atau gold bar karena menurut yang gue baca harga emas cenderung naik dan nggak mengalami inflasi. 

Selain emas batang, gue juga lebih suka investasi perhiasan emas atau berlian. Emang sih, nilai jualnya akan turun. Tapi beli perhiasan emas tuh kayak "sekali dayung dua tiga pulau terlampaui". Nggak cuma buat investasi tapi perhiasan emas bisa bikin tampil elegan dan anggun dalam sekejap. Apalagi kalau perhiasannya seperti ini:
image: www.orori.com

Nah, itu dia tiga cara sukses mengatur keuangan ala gue. Sejauh ini sih lancar-lancar aja dan cukup membantu gue yang suka malas nabung ini. 
Bagaimana dengan kamu?



You Might Also Like

0 komentar