Menuju Liburan Impian: Trik Dapat Tiket Pesawat Murah & Hotel Kece

April 18, 2018

Bagi saya, nyari tiket pesawat murah untuk liburan itu wajib hukumnya. Maklum aja, isi tabungan dan gaji belum memungkinkan untuk membeli tiket pesawat tanpa mempertimbangkan harganya. Dalam hati, sih, pengen banget liburan ke destinasi impian dengan pesawat first class. Tapi, kenyataan memang kadang nggak semanis khayalan, bukan?


source
Makanya cari tiket pesawat murah adalah salah satu cara untuk menjelajahi tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Saya sendiri punya daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi selama saya masih jadi penghuni bumi. Mulai dari merasakan pengalaman Live on Board di Flores, menikmati cantiknya Raja Ampat, ikut tur safari di Kenya, hingga jalan-jalan sore di sepanjang Charles Bridge, Praha. Destinasi terakhir adalah travel goal saya. Saking pengennya ke sana, kota ini sampai saya ucapkan terus menerus biar tercapai. 

Demi menjejakkan kaki ke tempat-tempat tersebut, saya yang merupakan karyawan kantoran dengan budget (dan cuti) seadanya ini akhirnya memutar otak. Iya, otak. Kalau putar kepala nanti kayak Trio Macan. Krik.

Tentu saja saya harus mengatur strategi seapik mungkin agar liburan berjalan lancar, aman (di kantong), dan tidak menimbulkan masalah untuk jalan-jalan berikutnya. Misalnya, menghamburkan banyak uang saat traveling sehingga membuat kondisi finansial jadi berantakan. Lalu, ujung-ujungnya nggak bisa beli tiket pesawat untuk traveling selanjutnya. No, thank you.

Jadi, sebelum pergi liburan, biasanya saya akan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Tentukan Tujuan Traveling
Sebelum pergi ke destinasi yang diinginkan, saya akan memikirkan motif jalan-jalannya. Maksudnya, saya menentukan apa yang ingin saya cari selama traveling. Apa ingin menantang adrenalin? Ingin relaksasi sambil menikmati nyamannya slow life? Ingin belajar kebudayaan? Dan sebagainya.

Motif traveling kita akan menentukan lokasi traveling, besarnya dana traveling, lama waktu cuti, pilihan penginapan, juga itinerary jalan-jalan. Kalau saya, sih, biasanya menentukan tujuan traveling sesuai kondisi mental saat itu (kok kesannya serius banget, ya? Haha). Misalnya, saya sedang capek banget dengan pekerjaan kantor, maka saya akan memilih liburan santai ke Bali atau Lombok. Jika hidup lagi terasa membosankan, berarti ini saatnya mewujudkan mimpi untuk Live on Board di Flores. 

  • Menghitung Sisa Cuti
Saya punya prinsip harus liburan minimal 2x dalam setahun. Jadi, biasanya saya sudah mempertimbangkan tujuan wisata untuk setahun ini. Dengan demikian, saya bisa menghitung apakah sisa cuti cukup atau tidak? Apakah perlu hutang cuti atau mengajukan unpaid leave ke HR tercinta? Sesungguhnya, jatah cuti 12 hari itu hanyalah ilusi. Setelah dipotong libur bersama, bisa dibilang jatah cuti saya hanya tersisa 8 atau 9 hari saja. Cry.

Sebenarnya, ada juga trik liburan agar tidak menguras jatah cuti, yaitu dengan memanfaatkan long weekend. Tapi, tentu saja konsekuensinya adalah biaya traveling menjadi lebih mahal. Kalau kebetulan dananya ada, ya nggak apa-apa juga liburan pas long weekend. Kalau lagi nggak ada? Ya, nggak usah maksain. Siapin formulir cuti, yuk! 

  • Cari Tiket Pesawat Murah
Bersyukurlah generasi millennial karena saat ini ada banyak budget airlines yang membuat jalan-jalan menjadi lebih mudah dan ramah kantong. Yang penting, cari tiket pesawatnya harus dari jauh-jauh hari.

Lagipula, sekarang beli tiket pesawat itu nggak ribet sama sekali. Tinggal buka penyedia tiket pesawat online atau online travel agent, maka kita semua udah bisa beli tiket pesawat kapan dan di mana saja.

Selain beli tiket dari jauh-jauh hari, kita juga harus peka sama promo. Nah, poin plus belanja tiket online itu adalah harga yang diberikan lebih murah karena banyak promo yang mereka tawarkan, misalnya potongan harga dengan menggunakan kartu debit/ kredit dari bank tertentu.


Percayalah, punya budget terbatas secara nggak langsung membuat kita lebih kreatif dan rajin pilah pilih penyedia tiket transportasi dengan penawaran paling oke.

  • Pesan Hotel Sesuai Budget
Sebagai kaum menengah yang banyak gaya, kita pasti mau nginep di hotel-hotel cantik nan instagramable dan nyaman. Tujuannya? Selain bikin liburan jadi berasa lebih nikmat, tentu aja buat bikin feed Instagram jadi lebih artistik. #TujuanHidupMilenial

Tapi, lagi-lagi saya teringat bahwa saya bukanlah Kylie Jenner. Jadi, kembali saya putar utang otak agar bisa dapat penginapan yang kece dengan harga yang bersahabat.

Sebenernya, sekarang banyak, lho, hotel bagus yang menyasar para flashpacker. Yang penting, kita rajin-rajin aja cari info hotelnya. Jangan lupa juga cek rating dan fasilitas hotel tersebut biar nggak zonk. Seperti kata iklan, biar murah tapi nggak murahan.

Lagian, sekarang alasan malas cari hotel tuh udah basi banget. Kenapa? Karena kita bisa cari tiket pesawat dan hotel dalam satu pusat perbelanjaan online. Jadi, kita tinggal berkelana, deh, mencari hotel sesuai keinginan dan budget. Kita bisa filter kisaran budget, rating penginapan, sampai tipe akomodasi. Maksudnya tipe akomodasi itu, kita mau nginep di hotel, vila, atau apartemen. 

Lagi-lagi, enaknya belanja online itu adalah... banyak promo. Banyak, lho, online travel agent yang menyediakan program cicilan 0%. Nginep di hotel pun jadi lebih ringan karena bisa dicicil.


Tuh, kan. Sebenarnya pergi ke tempat wisata impian kita itu nggak sulit. Yang kita butuhkan hanya niat, dana, dan usaha. Kalau sudah ada niat, kita tinggal siapkan dananya. Kalau dana sudah ada, ini waktu kita usaha mencari cara agar dana tersebut cukup untuk jalan-jalan. 

Sejujurnya, ya, menurut saya usaha yang kita kerahkan juga nggak begitu keras. Kan bisa online. Mau cari tiket pesawat murah sampai cari hotel pun bisa. 

Jadi, kini kita nggak perlu kebanyakan mikir atau baper liat orang lain jalan-jalan. Saya (kita semua!) juga bisa pergi ke destinasi wisata impian dengan mudah, kok. Ingat, pemimpi itu selalu punya cara untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Kalau beraninya mimpi doang? Itu namanya tukang ngayal! 

Selamat jalan-jalan para Tukang Ngayal... eh para Pemimpi!



You Might Also Like

0 komentar